Taman Sari Yogyakarta Tempat Wisata Bersejarah dan Seru Dikunjungi

Membicarakan mengenai kota pelajar ini memang tidak pernah ada habisnya. Jogjakarta merupakan kota dengan segudang sejarah, cerita dan tentunya tempat wisata. Taman Sari Yogyakarta adalah situs bekas taman atau kebun istana keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Anda mungkin bisa menggambarkan tempat ini layaknya kebun raya Bogor.

Sejarah Taman Sari Yogyakarta

taman sari jogjakarta
http://www.hargatiketmasuk.info/

Kebun ini memang sudah dibangun pada zaman Sultan Hamengku Buwono I (HB I) pada tahun 1758-1765/9. Mulanya taman ini disebut sebagai “The Fragrant Garden” ini memiliki luas lebih dari 10 hektare dengan sekitar 57 bangunan baik berupa gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, maupun danau buatan beserta pulau buatan dan lorong bawah air.

Istana sendiri masih digunakan dari 1756 sampai 1812. Namun sekarang ini hanya ada sisa-sisa bagian Taman Sari yang dapat dilihat hanyalah yang berada di barat daya kompleks Kedhaton saja. Tempat yang berada di alamat Jl. Nogosari No.6, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta ini konon dibangun sebagai tempat rekreasi raja keraton beserta keluarganya, bangunan yang berada didalamnya berupa taman, kolam pemandian, menara, benteng, terowongan bawah tanah, tempat ibadah dan yang lainnya.

Bila anda  sedang mencari tempat wisata yogyakarta maka taman sari bisa menjadi salah satu pilihan menarik karena selain berekreasi kita juga bisa tahu tempat-tempat sejarah yang masih ada hingga saat ini, nah bila anda  tertarik dengan tempat ini maka bisa langsung datang mengunjunginya namun ada baiknya anda  perlu tahu harga tiket masuk taman sari yogyakarta supaya bisa mempersiapkan biaya masuknya.

Harga Tiket Taman Sari Yogyakarta

taman sari jogjakarta
http://www.mygola.com/
Kategori Wisatawan Lokal Wisatawan Asing
Tiket Masuk Rp 5.000 Rp 12.000
Tiket Kamera Rp 2.000

Jam Operasional Taman Sari Yogyakarta

taman sari jogjakarta
https://www.1001malam.com/

Jam operasional atau jam buka Taman Sari Yogyakarta dibuka setiap hari dari hari senin-minggu mulai pukul 08.00-17.00 WIB, biasanya tempat ini ramai dikunjungi pengunjung pada saat hari libur.

Disini anda bisa menikmati pemandangan dari atas menara, jika anda menggunakan pemandu wisata maka anda juga akan diajak ke menuju Gapura Agung, tempat kedatangan kereta kencana yang biasa dinaiki Sultan dan keluarganya.

Gapura ini sangat indah, dimana desainnya yang dominan dengan ornamen bunga dan sayap burung dan dihiasi tumbuhan rumput ini menjadi pintu masuk bagi keluarga Sultan yang hendak memasuki Taman Sari. Pesanggrahan tepat di selatan Taman Sari menjadi tujuan berikutnya.

Ketika  Sebelum berperang, Sultan akan bersemedi di tempat ini untuk menenangkan pikiran dan tentunya untuk menentukan strategi. Makannya jika anda kesini maka  suasana senyap dan hening langsung terasa.

Selain itu juga disinilah Sultan pastilah memikirkan berbagai cara negosiasi dan strategi perang supaya kedaulatan Keraton Yogyakarta tetap terjaga. Areal ini juga menjadi tempat penyimpanan senjata-senjata, baju perang, dan tempat penyucian keris-keris jaman dahulu. Pelatarannya biasa digunakan para prajurit berlatih pedang.

Selain itu ada juga lorong bawah tanah yang lebar yang digunakan ketika keraton dalam keadaan genting. Ruang rahasia banyak tersembunyi di tempat ini dan juga jalan keluar yang tidak biasa dibangun pada taman ini. Taman sari memang tempat sejarah yang luar biasa indah namun juga penuh misteri.

Terakhir adalah Gedung Kenongo dimana gedung ini yang dulunya digunakan sebagai tempat raja bersantap. Uniknya,  gedung ini menjadi bangunan tertinggi se-Taman Sari. Di tempat ini Anda dapat menikmati golden sunset yang mempesona dan tentu anda bisa mengambil foto yang indah.

Keseluruhan Taman Sari pun bisa dilihat dari sini, seperti Masjid Soko Guru di sebelah timur dan ventilasi-ventilasi dari Tajug. Puas dengan kesegaran air dari Taman Sari, langit akan menyapa. Pemandangan yang indah sekaligus mempesona ditawarkan Taman Sari.

Leave a Comment