gerabah

Seni Rupa Terapan, Mulai dari Pengertian dan Berbagai Jenis Karyanya

Kita hidup ini tentu tidak bisa lepas dari yang namanya seni. Semua benda yang kita pegang sehari-hari berkaitan erat dengan seni lho, namanya seni terapan. Jadi, karya seni rupa terapan, nggak cuma bernilai seni saja, tetapi juga memiliki fungsi untuk kehidupan kita.

Kalau biasanya, seni rupa hanya menjadi pajangan dindin di rumah, seni rupa terapan ini berbeda. Bukan hanya menjadi panjangan saja, tetapi juga punya manfaat lain bagi kemudahan umat manusia. Contoh dari karya seni rupa terapan adalah meja, kursi, batik, rumah adat, dan masih banyak lagi contohnya dalam kehidupan kita sehari-hari.

Pengertian Seni Rupa Terapan

Keramik Klampok
blogspot.com

Seni rupa terapan atau kamu bisa menyebutnya sebagai seni pakai merupakan karya seni rupa yang tujuan dibuatnya adalah untuk memenuhi kebutuhan manusia. Jadi, karya seni rupa terapan lebih mengutamakan faktor kegunaan dari pada faktor artistik dan keindahannya.

Dengan memerhatikan faktor kegunaannya, menjadikan pembuatan karya seni rupa terapan ini lebih sulit jika dibandingkan membuat karya seni rupa murni. Hal ini mungkin karena ketika kita membuat karya seni rupa murni lebih bebas tanpa memperhitungkan faktor kegunaan karyanya.

Tapi, sering juga sebaliknya, membuat seni rupa murni jadi lebih sulit dari pada membuat seni rupa terapan. Contohnya saja, orang biasanya akan lebih sulit membuat lukisan dari pada membuat rumah.

Jenis Seni Rupa Terapan

Seni rupa terapan
like-seni.blogspot.co.id

Ada beberapa macam jenis seni rupa terapan, dan semua jenisnya tentu yan memiliki manfaat untuk kehidupan umat manusia. Berikut ini beberpa jenis seni rupa terapan yang ada.

1. Arsitektur

Arsitektur, atau dikenal juga dengan seni bangunan, merupakan salah satu jenis seni rupa terapan yang bentuknya adalah bangunan. Contoh dari arsitektur adalah tempat tinggal, tempat ibadah, ruko, museum, kantor, dan lainnya.

2. Dekorasi

Dekorasi juga merupakan salah satu jenis seni rupa terapan, fungsinya tentu saja untuk menghias ruangan menjadi terlihat lebih indah. Seni dekorasi biasanya akan dengan mudah kamu temui ketika sedang diadakan sebuah acara, misalnya saja pernikahan, pertunjukan, pameran, dan acara lainnya.

3. Ilustrasi

Ilustrasi merupakan karya yang bentuknya berupa gambar ataupun foto. Fungsi dari karya ilustrasi adalah menjelaskan sebuah naskah. Jadi, karya ilustrasi ini sering muncul dan digunakan dalam buku pelajaran sekolah. Ilustrasi akan menjelaskan sebuah teks agar pembaca lebih mudah memahami isi dari teks tersebut.

4. Seni Kriya

Seni kriya ini dikenal juga dengan kerajinan tangan, fungsi dari jenis seni ini adalah untuk mengolah baha baku yang gampang kita temukan di sekitar kita. Bahan baku yang mudah ditemukan tersebut dapat diolah menjadi sebuah benda yang memiliki nilai pakai dan sekaligus nilai seni.

5. Seni Grafis

Seni grafis juga masuk ke dalam seni rupa terapan yang proses pembuatannya biasanya menggunakan teknik cetak menggunakan kertas. Karya seni grafis, biasanya digunakan sebagai salah satu alat komunikasi dalam sebuah komunitas bermasyarakat.

Dengan berbagai jenis seni rupa terapan tersebut, tentu saja membuat kita memahami bahwa seni rupa itu tidak melulu tentang keindahan, tetapi juga tentang fungsi dan kegunaan. Kita bisa membuat sebuah karya seni sekaligus bermanfaat untuk mempermudah kehidupan kita sehari-hari.

Sebenarnya masih ada beberapa jenis seni rupa terapan berdasarkan fungsinya. Tapi, lain kali saja akan kita bahas kalau ada kesempatan ya. Seperti kata mas Fikr, “Semoga kita bisa mendapatkan banyak manfaat dari membaca dan menjelajah di dunia maya.”, sekian 🙂

Leave a Comment