5 Makanan Khas Aceh yang Menggugah Selera

Aceh sudah terkenal dengan Serambi Mekah nya. Selain itu, Aceh juga sudah terkenal dengan kulinernya yang lezat dan menggugah selera. Sebut saja salah satunya seperti Mie Aceh. Makanan khas Aceh yang satu ini sudah terkenal seantero Indonesia. Kini Mie Aceh sudah menjamur di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya.

Selain Mie Aceh, kali ini kami akan membahasa tentang 5 makanan khas dari Aceh lainnya. Yang pasti, kelima makanan Aceh berikut ini tidak akan kalah lezatnya jika dibanding dengan makanan daerah lainnya.

1. Ayam Tangkap

http://resepcaramemasak.info

Kuliner yang satu ini wajib kamu coba jika bertandang ke Serambi Mekah. Ayam tangkap adalah makanan yang berbahan dasar daging ayam. Daging ayam akan dipotong kecil-kecil seukuran dadu lalu dimasak berbarengan dengan rempah-rempah khas Aceh.

Yang menjadi ciri khas dari ayam tangkap adalah penggunaan daun teumpuru dan cabai hijau yang menyertainnya. Ayam teumpuru biasanya akan disantap bersama nasi hangat dan taburan bawang goreng.

Perpaduan dari daun tempuru dan daun jeruk akan menghasilkan aroma yang harum dari masakan ayam tangkap. Jika kamu suka pedas, kamu bisa menambahkan cabai agak banyak ke dalamnya. Kamu juga bisa menambahkan sedikit kecap manis jika mau.

2. Ikan Kemamah

http://infokuliner.com

Ikan kemamah adalah olahan dari ikan laut yaitu ikan tuna. Ikan tuna segar harus dikeringkan terlebih dahulu sebelum ditumis bersama bumbu-bumbu lainnya. Jika ikan tuna sudah bernar-benar kering, cincang-cincang daging tuna secara kasar.

Bumbu-bumbu yang diperlukan sama seperti bumbi tumis Aceh pada umumnya. Kamu hanya perlu menambahkan santan dan cabai hijau ke dalamnya. Agar terlihat menarik, cabai hijau yang dimasukan ke dalam makanan khas Aceh ini dalam kondisi utuh. Jadi tidak perlu dipotng-potong agar menambah kesan ‘menantang’.

3. Jadah Lemang

https://sahabatnesia.com

Dari namanya saja pasti mengingatkan kita tentang makanan ‘jadah’ yang berasal dari Jawa Timur dan makanan ‘lemang’ yang berasal dari Negeri Jiran. Jadah Lenag adalah salah satu makanan khas dari Aceh yang berbentuk sama seperti lontong. Hanya saja rasanya lebih gurih karena di tambah santan dan garam.

Jadah lemang biasanya disajikan saat perayaan Idul Adha. Dan sangat cocok jika disantap bersama daging rendang. Rasa bumbunya yang komplit akan menambah kezan nikmat ketika manyantap jadah lemang.

4. Meuseukat

https://food.detik.com

Meuseukat tergolong makanan yang unik. Karena makanan ini biasanya hanya disajikan pada hari-hari besar saja seperti pernikahan. Meuseukat sebenarnya adalah selai nanas. Selain nanas yang bertekstur halus akan dioleskan ke atas kue manis berbentuk lingkaran datar.

Biasanya, masyarakat Aceh akan menghias seluruh permukaan kue manis dengan meuseukat. Yang menjadikannya unik adalah, masyarakat Aceh sangat lihai dalam membentuk hiasan-hiasan cantik seperti miniatur bunga. Jadi hasilnya nanti akan sama seperti kue tar pernikahan, hanya saja seluruh hiasanya berwarna kuning karena terdiri dari selai nanas.

5. Bubur Kanji Rumbi

http://www.masakandapurku.com

Jika Jadah Lemang biasa dinikmati pada saat Idul Adha,maka bubur kanji rumbi cocok disantap ketika Idul fitri. Makanan khas Aceh ini terbuat dari beras yang ditumbuk kasar lalu direbus hingga menjadi bubur.

Bumbu-bumbu yang digunakan seperti bawang merah, bawang putih, merica, garam sedikit cabai dan gula. Semuanya dicampur menjadi satu ke dalam adonan bubur. Bisa juga menambahkan beberapa jenis sayuran seperti wortel yang dicincang dan bayam cincang.

Demikian 5 makanan khas Aceh yang harus kamu coba jika bertandang ke Serambi Mekah. Semua makanan di Aceh dijaman halal karena di sana mayoritas penduduknya adalah muslim. Jadi kamu tidak perlu khawatir akan kehalalannya.

Leave a Comment