manfaat tahu

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Konsumsi Tahu

Manfaat Konsumsi Tahu – Siapa sangka dibalik bentuk tahu yang sederhana terkandung segudang nutrisi yang baik untuk tubuh. makanan berbahan dasar kedelai ini merupakan alternatif sumber protein selain daging.

Tahu memiliki segudang manfaat yang baik untuk tubuh. protein yang dimiliki tahu bahkan hampir sama dengan yang dimiliki daging atau telur. Bagi anda seorang vegetarian bisa memilih tahu sebagai sumber protein untuk tubuh.

Tahu juga dianjurkan dikonsumsi anak-anak karena memiliki kalsium yang tinggi. Kalsium sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain susu sapi anda bisa mencukupi kebutuhan kalsium dengan mengkonsumsi tahu.

Selain rasanya enak tahu juga memiliki harga yang cukup murah sehingga makanan sehat tidak hanya berupa daging yang harganya lebih mahal. Manfaat tahu bagi kesehatan tubuh sangat besar sehingga anda wajib memasukan tahu sebagai menu harian anda. berikut kandungan nutrisi serta manfaat tahu yang bisa anda ketahui.

Kandungan Nutrisi Tahu

1. Zat besi

Didalam tahu terdapat zat besi yang berfungsi meningkatkan produksi sel darah merah. Hemoglobin bertugas mengangkut oksigen kesetiap bagian tubuh. sirkulasi darah dalam tubuh menjadi lebih lancar dengan asupan zat besi yang cukup. Kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia sehingga tahu yang kaya zat besi ini sangat cocok dikonsumsi untuk mencegah anemia

2. Kalsium

Olahan dari kedelai ini juga merupakan sumber kalsium dan sejumlah mineral lainnya. Kalsium berfungsi mengurangi resiko osteoporosis dan penuaan dini karena tulang rapuh. Kandungan kalsiumnya yang tinggi ini juga menjadikan tahu sangat cocok untuk tumbuh kembang anak-anak.

3. Isoflavon

Isoflavon merupakan salah satu zat anti kanker yang bekerja maksimal mengurangi resiko kanker endometrium pasca menopouse. Pasca menopouse juga meningkatkan resiko kanker paru-paru sehingga dengan asupan isoflavon dari tahu ini bisa membantu mencegah resiko penyakit tersebut pasca menopouse.

4. Protein

Tahu juga memiliki kandungan protein dalam jumlah tinggi. Tidak hanya pada daging saja namun kandungan protein dalam tahu terbilang tinggi. Protein inilah yang menyebabkan tahu menjadi alternatif nutrisi bagi para vegetarian. Asam amino dalam tahu juga terdapat dalam jumlah besar yang bermanfaat menghindari berbagai penyakit berbahaya.

Manfaat Konsumsi Tahu

1. Menurunkan kolesterol

Tahu bekerja optimal menyerap minyak jahat dan cairan yang dapat menyebabkan penyakit. Didalam tahu terdapat asam lemak tak jenuh serta lestisin dan asam linoleat yang bermanfaat meningkatkan metabolisme tubuh dan mengikis kolesterol jahat dalam tubuh. kolesterol jahat yang terkikis juga membuat tahu bermanfaat optimal mencegah berbagai penyakit kardiovaskular.

2. Mencegah anemia

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa tahu kaya akan zat besi. Zat besi inilah yang membuat pertumbuhan sel darah merah meningkat. Sirkulasi darah menjadi lebih baik serta produksi sel darah merah menjadi lebih meningkat. Bagi ibu hamil yang rentan anemia, tahu merupakan sumber makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi rutin.

3. Mencegah asam urat

Tahu memiliki kandungan protein yang tinggi. Bagi penderita asam urat dan rematik gout mengkonsumsi tahu merupakan pilihan terbaik untuk menurunkan kadar asam urat. Protein dalam tahu juga bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang anak-anak sejak dalam kandungan.

Jadi dengan manfaat dan kandungan nutrisi tahu yang melimpah jangan ragu untuk mengkonsumsi olahan kedelai ini setiap hari ya. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment