Ikan Hias Air Tawar Paling Populer di Indonesia

Kamu tentu suka kan melihat ikan warna-warni berenang ke sana dan kemari di dalam aquarium? Melakukan hal tersebut tentu bisa menghilangkan sedikit stress yang melanda ketika sedang sibuk-sibuknya bekerja. Atau sebagai pelepas lelah setelah bekerja seharian di kantor dan ingin merasakan suasana yang tenang dan nyaman.

Ikan hias air tawar menjadi solusi penghilang stress yang bisa saja ampuh lho. Selain harganya yang tidak terlalu mahal, perawatan ikan air tawar tentu saja lebih murah jika dibandingkan ikan air asin.

Dan ternyata, 75 persen ikan hias air tawar yang ada di dunia ini, asalnya dari negara kita lho, Indonesia. Bahkan, ada sekitar 363 jenis ikan hias air tawar dari Indonesia yang sudah diekspor sampai ke berbagai negara di belahan dunia ini.

Nah, berikut ini ada beberapa jenis ikan hias air tawar yang populer di Indonesia.

1. Ikan Arwana (Scleropages sp.)

Arwana red super
barusip.blogspot.co.id

Ikan yang pertama ini sangat populer di kalangan pecinta ikan hias di Indonesia lho. Saking populernya, bahkan sampai ada pelawak yang memakai nama ikan ini untuk julukannya di layar kaca. Dan, ada juga kepercayaan bahwa ikan ini dapat mendatangkan rezeki buat yang memeliharanya. Padahal kan ya, rezeki itu datangnya dari Allah, hehehe.

Arwana memiliki banyak nama sebutan lho, ada yang menyebutnya ikan payang, ikan naga, silok, siluk, kalikasa, kalasa, sampai khayangan. Ikan ini memiliki tubuh yang besar dan keindahannya terletak pada sisiknya.

2. Ikan Koi (Cyprinus carpio L.)

Ikan yang selanjutnya adalah ikan koi, ikan yang asalnya dari Jepang, sekitar tahun 1820-an. Ikan ini memiliki banyak penggemar tersendiri. Bahkan ada yang sampai mengoleksi sampai ratusan ekor ikan koi dengan berbagai jenis.

Para pembudidaya dari Jepang, saat ini sudah banyak menyilangkan berbagai jenis strain dari ikan koi ini. Dari persilangan tersebut, banyak terbentuk warna yang menarik untuk dipandang.

Ikan ini perlu ruang yang cukup luas untuk bisa bergerak dengan leluasa. Sehingga, jika kamu ingin memelihara ikan ini, sebainya dipelihara dalam kolam yang cukup luas.

3. Ikan Cupang (Betta sp.)

Ikan cupang
kancup.blogspot.com

Selanjutnya adalah ikan cupang, atau biasa juga disebut ikan beta. Ikan ini hanya ditemukan di negara-negara Asia Tenggara saja lho, dan perkembangannya cukup baik di Indonesia. Kalau kamu mau mencoba memelihara ikan hias, coba pelihara ikan cupang, karena ikan ini mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Cupang, aslinya hidup di rawa-rawa daerah tropis, dengan kondisi air dan oksigen yang sedikit, ikan ini masih bisa bertahan hidup. Ikan cupang memiliki banyak variasi warna yang indah untuk dilihat. Cupang juga merupakan ikan yang sangat agresif, jadi, selain biasanya diadu dalam keindahannya, ikan ini juga diadu dalam hal ketangkasannya.

Ikan cupang memiliki ciri sebagai berikut, bodynya ramping, kalau dilihat dengan seksama akan tampak cekungan halus dari ujung badan sampai samping perut, sisiknya kecil tapi tebal, dahinya memiliki bentuk seperti arwana.

4. Ikan Koki (Carrasius auratus)

Ikan mas koki
gedubar.com

Kalau ikan yang satu ini asalnya dari negeri China, tapi cukup berkembang di Jepang. Dan, ikan ini ternyata masih satu famili dengan ikan mas.

Ikan koki memiliki banyak jenis, dan bentuknya di tiap jenis memiliki keunikannya tersendiri. Kalau kamu mau memelihara ikan koki, harganya cukup terjangkau kok, dari harga ribuan, sampai ratusan ribu.

Dari berbagai jenis ikan koki, ada jenis ikan koki yang cukup unik, contohnya saja ikan mas koki buble eye. Dari namanya, tentu kamu sudah bisa membayangkan seperti apa bentuk dari ikan yang satu ini.

Leave a Comment