Cara Memilih Landak Mini di Indonesia yang Tepat

Sebelum Anda membeli landak mini, sebaiknya mengetahui bagaimana cara memilihnya. Sebagai pembeli tentunya ingin mendapatkan jenis landak mini yang masih sehat baik secara fisik maupun psikis.
Pahami betul saat Anda membeli landak mini. Membeli landak pada breeder yang sudah terpercaya, cukup dieknal serta mudah untuk diajak berkomunikasi. Karena mudah diajak komunikasi, Anda akan mudah mendapat informasi seluk beluk landak mini yang akan dibeli nantinya.

Cara memilih landak mini di Indonesia yang sehat dan berkualitas.

landak mini putih
satujam.com

1. Mata

Bagian mata terkondisi baik, berbentuk bulat, bercahaya, lebar terbuka dan tentunya bersinar tanpa ada cairan dan juga tidak memiliki semacam lapisan putih pucat pada bagian tengah. Karena bila itu terjadi, landak tersebut katarak.

2. Hidung

Pada bagian hidung landak tampak bersih dan lembab seperti hidung sampi dan tidak meler atau tidak kering kusam.

3. Moncong bersih

Pada bagian moncong landak tidak terdapat bintik putih yang berkeliaran pada area moncong. ( hal ini bisa menunjukkan bahwa landak tersebut berkutu atau tidak. Dan juga perlu untuk mengecek pada kulit pada bagian pangkal bawah duri.)

4. Telinga pendek

Bersih tidak adotoran atau lapisan keras dibelakang bagaian telinga dan tidak terdapat cairan berwarna hijau yang keluar/meler dari bagian lubang telinga landak tersebut. Karena bisa terjadi kejadian cairan pada bagian telinga dikunyah oleh anak/temannya. Anda tidak perlu khawatir Selama telinganya sudah sembuh.

5. Bagian duri tidak rontok

Pada landak mini, bagian duri tidak mengalami kerontokan yang membuat ia botak akibat adanya penyakit, kutu atau jamur dan bisa juga kelembapan kandang yang terlalu basah dalam rentan waktu yang lumayan lama.

6. Kulit sehat

Untuk kulit sebaiknya ia lentur dan juga halus. Tidak berkerak karena membuat landak menjadi kutuan dan bisa juga jamuran.

7. Bulu rambut

Pada bagian perut ladak terasa halus dan tentunya tidak kusut, tidak ada kotoran yang menempel ataupun berkerak.

8. Tidak Diare

Pup pada landak tersebut padat, tidak diare atau bewarna kehijauan.

9. Kaki tidak mengalami lumpuh

Pada bagian kaki landak, ia tidak cacat/patah/lumpuh. Pastikan jari-jari milik landak utuh dan antar batang jari benar-benar terpisah, maksudnya tidak menempel atau ganjet.

10. Alat kelamin

Bagian ini harus benar-benar kering tidak ada luka, dan tidak ada merah-merah bekas darah dan tentunya tidak membengkak.

11. Badan padat sehat

yang dimaksud padat sehat, bukan karena obesitas, tetapi ketika landak diletakkan di atas meja, badannya bisa berjalan tegak. Bila badannya terhuyung-huyung atau terlihat kesulitan tegak, segera cari landak mini yang lainnya.

12. Berat badan

Berat badan landak berkisar 250-700gram. Landak yang terpilih sebaiknya memiliki berat yang ideal tidak kegemukan karena akan menyebabkan berbagai penyakit dalam yang berbahaya. Tapi juga tidak boleh kurus cekung badannya. Karena bisa jadi itu karena ada penyakit di dalam tubuh landak.

landak mini
ilmuhewan.com

13. Temperamen

Semua landak mini bisa sangat jinak dan tidak semua tergantung dari pembiasaan pemilik. Namun memang ada beberapa jenis landak mini yyang memang mempunyai sifat galak sejak lahir dan sulit untuk jinak. Saat memilih landak mini amati terlebih dahulu, apa dia mendesis, melompat dan mengklik. Bila landak mendesis, hal tersebut masih dianggap wajar karena landak masih takut dengan orang baru. Sedangkan meng-klik berarti dia mengancam Anda. Sebaiknya memilih landak yang lain.

Cara memilih landak mini di Indonesia tidaklah sulit bukan? Bila Anda jeli, tentu akan mendapatkan landak yang sesuai.

Leave a Comment