belajar membaca sejak usia dini

10 Tips Agar Anak BEtah Belajar Membaca di Rumah

Belajar membaca – Mendidik anak merupakan tanggung jawab bagi setiap orangtua. Mendidik anak biasanya dimulai dari belajar membaca, kemudian menulis dan seterusnya. Mendidik anak bisa dikatakan susah-susah gampang. Masalah yang biasanya muncul adalah buah hati tidak betah berlama-lama membaca di rumah. Untuk itu, kami telah merangkum beberapa tips efektif agar anak semakin betah membaca di rumah.

1. Buat perpustakaan sederhana buat si kecil

perpustakaan sederhana untuk si kecil
rukbarn.com

Kebiasaan dan kecintaan anak membaca bisa terbangun dengan dengan adanya suasana yang mendukung di rumah. Buatlah perpustakaan khusus yang di desain dengan menarik untuk anak. Lengkapi dengan dengan rak buku, kursi, dan hal-hal yang membuat ruangan terlihat lebih menarik.

Anda juga bisa meletakkan rak buku di salah satu sudut favorit rumah. lengkapi dengan dengan kursi dan meja yang nyaman, serta letakkan koleksi buku anak pada rak yang mudah dijangkau atau diraih oleh mereka. Lengkapi rak buku dengan berbagai macam buku yang menarik dan bermanfaat.

2. Bacakan cerita setiap hari

membaca cerita untuk anak
rd.com

Menumbuhkan minat baca anak perlu dikembangkan sejak dini, salah satu caranya dengan membacakan cerita dari sebuah buku. Meskipun anda sudah hafal cerita yang akan anda sampaikan, usahakan tetap membaca cerita langsung pada buku. Hal ini akan sangat mempengaruhi pada kecintaan anak pada buku.

Cerita yang dibacakan tak harus selesai dalam satu waktu. Alih-alih, jadikan kegiatan membaca tersebut sebagai aktivitas harian besama anak, baik pada siang hari, sore, ataupun malam hari menjelang tidur.
Bia

akan juga anda dan si kecil selalu membawa buku saat jalan keluar. Tunjukkan pada si kecil kalau anda selalu membawa buku yang akan anda baca, lalu ingatkan pula si kecil agar mengambil dan memasukkan satu atau dua buah buku ke dalam tas kecilnya.

Manfaatkan waktu untuk membaca bersama si kecil saat ada kesempatan,misal saat menunggu mobil, menunggu kereta, menunggu antrian bank, atau di ruang tunggu dokter.

3. Ajak anak untuk membaca selain buku

Minta anak baca apa saja yang mereka liahat
jokosusilo.com

Ajak si kecil untuk membaca tulisan apa saja yang dijumpai, misalnya koran, majalah, iklan di jalan, judul film yang sedang ditonton, baleho, e-book, game, manual dari mainan, dan lain-lain.

Semua itu bisa mempengaruhi cepatnya perkembangan anak dalam membaca, serta anak jadi lebih suka membaca tanpa pilih-pilih. Ini juga akan membuat anak tidak bosan hanya baca buku yang itu-itu saja.

4. Ajukan pertanyaan dan dorong anak untuk bertanya

Perlu sekali kali bertanya pada anak
muhammadteladan.com

Sekali-kali bertanyalah pada si kecil tentang karakter atau alur cerita yang dia baca. Anda juga bisa mendorong sang anak agar bertanya terkait apa yang dia baca atau apa yang anda ceritakan.

Anda bisa bertanya kepada si kecil dengan pertanyaan-pertanyaan ringan untuk melatih daya fikirnya. Misalnya andai dia jadi tokoh utama, apa yang harusnya dia lakukan, atau bila dia jadi teman dari tokoh utama, apa yang akan mereka kerjakan.

Bila anda membacakan buku ensiklopedia, tanyakan apakah dia mengerti apa yang baru dibacakan, apakah ada hal dia ingin tanyakan, dan lain sebagainya.

5. Temukan pesan moral dalam cerita

bercerita bersama anak
readingeggs.com.au

Buku dapat mengajarkan banyak hal penting untuk anak-anak: fakta dunia, penggalan sejarah, dan juga ajaran moral.

Setelah membaca sebuah cerita atau sebuah buku, ajak si kecil ngobrol tentang pesan atau pelajaran dari cerita yang ia baca. Cara ini akan mengajarkan anak pentingnya memahami apa yang dibaca. Meraka juga bisa lebih termotivasi untuk terus membaca karena merasa apa yang dibacanya bermanfaat.

6. Jadilah contoh untuk anak

Anak selalu meniru kebiasaan orang tuanya, teruma sang ibu. Bila anda ingin si kecil semangat belajar membaca, mulailah dari diri anda. Berikan contoh pada si kecil, tunjukkan kebiasaan membaca saat ada kesempatan dan ajak si kecil juga ikut membaca.

Menunjukkan pada anak betapa pentingnya membaca setiap hari, diharapkan bisa membuat mereka merasakan hal yang sama dan meniru kebiasaan anda membaca setiap ada kesempatan.

Bila si kecil penasaran dan bertanya tentang apa yang anda baca, mintalah ia mengambil buku dia dan duduk bersama sejenak untuk membaca buku. Tetaplah fokus pada bacaan anda dan biarkan dia membaca sendiri apa yang ia suka.

7. Tulis pesan singkat untuk si kecil baca

Selipkan catatan kecil ke dalam tas sekolah atau pada kotak makan siang si kecil saat dia sudah masuk tk. Hal ini akan menunjukkan kepedulian bunda pada mereka, selain itu juga akan “memaksa” si kecil untuk membaca.

Bunda bisa menulis pesan singkat untuk si kecil seperti mengingatkan sesuatu, atau doa bunda untuk kesuksesan si kecil, atau bisa juga berupa sebuah teka-teki kejutan berisi ucapan “halo”, ini tentu akan menyenangkan.

8. Minta anak membacakan cerita untuk mereka

minta anak membaca buku cerita
lifestyle.okezone.com

Meskipun si kecil baru mulai belajar membaca satu-dua kata, sesekali minta si kecil membaca buku untuk bunda dan ayah, ini bisa meningkatkan antusiasme anak dalam membaca.

Untuk anak yang lebih besar dan sudah mulai mahir membaca, bunda dan anak bisa bergantian membaca paragraf atau halaman yang ada pada buku. Saat si kecil sedang membaca, tunjukkan antusiasme anda mendengar apa yang dibacanya.

9. Ajak teman-temannya untuk membaca bersama

anak akan semangat bila membaca bersama temannya
asjahrir.com

Cobalah ajak beberapa teman si kecil yang biasa bermain di sekitar rumah bunda, arahkan mereka untuk membaca bersama atau membentuk kelompok membaca. Membaca bersama teman dapat mendorong si kecil membaca lebih banyak dan tidak mudah bosan.

10. Jadikan membaca sebagai aktivitas yang menyenangkan

jadikan membaca kegiatan menyenangkan buat anak
eusemfronteires.com.br

Jangan membuat kegiatan membaca anak jadi kegiatan yang membosankan dengan membuat aturan-aturan kaku. Buatlah aktivitas membaca menyenangkan dengan menggunakan kartu-kartu membaca atau permainan sederhana (ular tangga, monopoili).

Bila si kecil suka bermain gadget misalnya, cobalah arahkan si kecil bermain game membaca untuk anak seperti petualangan boci, game strory books yang interaktif, atau sesame street (berbahasa inggris) yang bisa diakses melalui situs PBS Kids. atau Ganti waktu bermain gadget untuk membaca.

Demikianlah ulasan singkat mengenai tips agar sang buah hati betah membaca di rumah. Silahkan bunda praktekkan dan semoga sukses.

Leave a Comment